Beranda Publikasi Buku Pendidikan & Revolusi Industri 4.0: Arab Saudi dan Indonesia

Pendidikan & Revolusi Industri 4.0: Arab Saudi dan Indonesia

651

Setidaknya ada dua alasan mendasar kenapa kehadiran buku ini menjadi penting. Pertama, banyak masyarakat Indonesia yang tidak memahami seluk-beluk dunia pendidikan di Arab Saudi. Kebanyakan dari mereka menganggap pendidikan di Arab Saudi, khususnya pendidikan tinggi, hanya fokus di bidang studi ilmu-ilmu keislaman (atau, katakanlah, “Islam sentris”) seperti fiqih, ushul fiqih, ushuluddin, dlsb. Padahal, realitasnya pendidikan di Saudi justru didominasi oleh studi ilmu-ilmu sekuler. Kedua, buku ini membahas tema yang sangat penting, yaitu tentang persiapan dunia pendidikan, khususnya pendidikan tinggi, di Arab Saudi maupun Indonesia dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0 yang ditandai dengan munculnya “teknologi cerdas” seperti Artificial Intelligence, Machine Learning, Internet of Things (IoT), dlsb. Sumanto Al Qurtuby (Co-founder dan Direktur Nusantara Institute; Pengajar King Fahd University of Petroleum & Minerals)

Era Revolusi Industri 4.0 sekarang ini perlu disikapi secara serius oleh semua pihak, bukan hanya pemerintah, industri, dan dunia usaha saja, tetapi juga sektor pendidikan, agar tidak ketinggalan zaman. Sebagai lembaga atau perusahaan yang penduli dengan perkembangan mutu dan kualitas dunia pendidikan, PT Bank Central Asia, melalui Bakti BCA, menyambut gembira atas penerbitan buku ini. Kami berharap, buku ini bermanfaat bagi masyarakat luas serta turut memberi kontribusi positif bagi upaya peningkatan wawasan dan pengetahuan anak bangsa. Inge Setiawati (Executive Vice President, CSR BCA)

 

Artikel sebelumyaGamelan Bali: Inspirasi Eksotis Colin McPhee
Artikel berikutnyaIslam Nusantara: Sebuah Imunologi Keagamaan yang Toleran
Nusantara Institute (NI) adalah lembaga semi-otonom yang didirikan oleh Nusantara Kita Foundation (NKF) yang fokus di bidang studi, kajian, publikasi, scholarship, riset ilmiah, dan pengembangan akademik tentang ke-Nusantara-an.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here