Minggu, Maret 29, 2020

Platform & Program

Platform

Nusantara Institute adalah lembaga semi-otonom yang didirikan oleh Yayasan Nusantara Kita dengan Nomor Akta Notaris: AHU-00812.AH.02.01 dan Nomor Surat Keputusan Kementerian Hukum dan HAM: AHU-0010191.AH.01.04. 

Institusi ini fokus di bidang studi, kajian, riset ilmiah, publikasi, scholarship, fellowship, dan pengembangan akademik tentang ke-Nusantara-an. Ada tiga tema utama yang menjadi fokus riset Nusantara Institute, yaitu (1) agama dan kepercayaan Nusantara, (2) tradisi dan kebudayaan Nusantara, dan (3) kerajaan-kerajaan Nusantara. 

Ketiga tema sentral ini akan terus diteliti secara akademik-ilmiah dengan melibatkan jejaring ilmuwan, sarjana, akademisi, dan peneliti, baik dari Indonesia maupun mancanegara, yang ahli atau memiliki spesialisasi di tema-tema tersebut. 

Temuan atau hasil-hasil riset nanti diharapkan bisa turut memberi kontribusi penting bagi pemerintah (dalam bentuk pembangunan kebijakan publik), komunitas akademik (dalam bentuk pembangunan teori maupun pengembangan khazanah keilmuan dan intelektual), dan masyarakat luas (dalam bentuk pembangunan kesadaran), tentang hal-ihwal yang berkaitan dengan tradisi, budaya, agama, kepercayaan, dan kerajaan-kerajaan di Nusantara.

Visi Nusantara Institute menjamin terpeliharanya aset-aset kultural, nilai-nilai luhur leluhur, dan kekayaan khazanah keilmuan Nusantara warisan nenek moyang, baik yang terdokumentasi melalui tulisan, prasasti, maupun tradisi lisan, termasuk agama dan kepercayaan (beliefs); kerajaan; tradisi, adat, dan kebudayaan, baik budaya material maupun nonmaterial; nilai-nilai spiritual; warisan intelektual para pujangga; local wisdom; dan sebagainya. 

Program

Riset Nusantara. Menginisiasi riset-riset akademik-ilmiah yang berkaitan dengan tradisi, budaya, agama, kepercayaan, dan kerajaan Nusantara

Studi Nusantara. Mengembangkan kajian akademik-ilmiah dalam bentuk kuliah umum, workshop, atau seminar tentang tema-tema yang berkaitan dengan asek-aspek tradisi, budaya, agama, kepercayaan, dan kerajaan Nusantara.

Publikasi Nusantara. Menerbitkan karya-karya akademik-ilmiah (buku, working paper) atau ilmiah populer (kolom) yang berkualitas yang mengulas tentang aneka ragam tradisi, budaya, agama, kepercayaan, dan kerajaan Nusantara.

Penghargaan Akademis Nusantara. Menganugerahkan “Nusantara Academic Award” untuk disertasi doktor atau tesis magister yang berkualitas serta dipandang memiliki kontribusi signifikan dan positif, baik kontribusi untuk pengembangan teori maupun praktis (misalnya membantu kebijakan publik pemerintah yang berkaitan dengan pengembangan khazanah keilmuan dan intelektual) yang berkaitan dengan tradisi, budaya, agama, kepercayaan, dan kerajaan di Indonesia.

Beasiswa & Grant Penulisan Nusantara. Memberi bantuan finansial untuk penulisan disertasi doktor atau tesis magister (Nusantara Dissertation / Thesis Writing Grant) yang sesuai dengan platform dan visi Nusantara Institute bagi mahasiswa S2/S3 di kampus-kampus di Indonesia yang sudah menyelesaikan tahap penelitian dan fieldwork. Pula, memberikan bantuan beasiswa kepada putra-putri bangsa Indonesia, khususnya dari daerah-daerah terpencil, yang memiliki talenta luar biasa, kecintaan terhadap Nusantara serta minat studi yang membara tetapi terhambat proses studinya karena yang bersangkutan berasal dari keluarga kurang mampu secara finansial / ekonomi.