Jumat, Februari 23, 2024

Beasiswa Nusantara

Nusantara Institute (NI) bekerja sama dengan Garuda Food (GF) memberikan “beasiswa Nusantara” untuk mahasiswa non-Kristen yang studi di prodi Magister Sosiologi Agama (MSA), Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Salatiga.

Beasiswa ini dimaksudkan untuk mendorong warga non-Kristen agar studi di prodi tersebut dengan harapan mereka bisa turut mewarnai dan berkontribusi dalam proses belajar-mengajar dan interaksi sosial-intelektual di dalam maupun di luar kelas yang mayoritas didominasi oleh mahasiswa Kristen. Dengan demikian, suasana kelas dan relasi sosial antarmahasiswa dan dosen menjadi lebih pluralis dan dinamis.

Prosedur untuk mendapatkan beasiswa ini adalah sebagai berikut.

Pelamar harus diterima sebagai mahasiswa MSA. Staf MSA kemudian mengirim berkas-berkas pelamar tersebut ke NI untuk dievaluasi lebih lanjut layak-tidaknya untuk mendapatkan beasiswa ini. Pelamar yang lolos seleksi berkas akan diwawancarai secara daring oleh Dewan Eksekutif (atau, jika perlu, ditambah dengan Dewan Penasehat) NI. Selanjutnya, pelamar yang lolos seleksi oleh NI kemudian dikirim ke GF untuk dimintai persetujuan.

Catatan: beasiswa ini berupa bantuan SPP selama 2 semester atau 4 semester, tergantung kualitas dari kandidat/pelamar.

Secara umum, untuk mendapatkan beasiswa ini, pelamar harus memiliki potensi sosial (aktivisme) dan intelektual (akademik) yang baik serta sesuai dengan platform NI yang peduli dengan persoalan kebangsaan, keindonesiaan, pluralisme agama, toleransi sosial, dan moderasi beragama. Selain itu, beasiswa akan diutamakan untuk mahasiswa (pelamar) dari keluarga tidak mampu secara finansial-ekonomi.

Selain beasiswa ini, NI, meskipun terbatas, juga menyediakan jenis beasiswa lain bagi mahasiswa yang studi diluar UKSW.