Beranda Info & Event Nusantara Writing Grant 2021

Nusantara Writing Grant 2021

1559
Nusantara Writing Grant 2021
Nusantara Writing Grant 2021

Nusantara Institute, bekerja sama dengan Bank Central Asia, kembali akan menyelenggarakan kompetisi nasional “Nusantara Writing Grant 2021.” Ajang ini dimaksudkan untuk memilih sejumlah proposal tesis S2 atau disertasi S3 yang berkualitas untuk diberi bantuan finansial (grant) penulisan tesis/disertasi yang membahas tentang aneka ragam tradisi, kebudayaan, dan keagamaan lokal di Indonesia dari berbagai macam perspektif, pendekatan, metodologi, teori, dan disiplin keilmuan (social sciences & humanities, religious studies, dlsb).

Adapun syarat umum pengajuan grant ini adalah sebagai berikut:

  • Mahasiswa S2/S3 sudah menyelesaikan tahap penelitian (atau fieldwork) dan sedang dalam proses penulisan tesis/disertasi.
  • Tema tesis/disertasi harus sesuai dengan visi, misi, dan platform Nusantara Institute yang fokus di bidang studi tradisi, kebudayaan, dan keagamaan lokal Nusantara (selanjutnya silakan lihat di homepage berikut ini https://www.nusantarainstitute.com/).

Jika berminat, silakan kirim berkas-berkas lamaran Anda seperti di bawah ini (tulis: “Nusantara Writing Grant 2021” di subject email) ke: admin@nusantarainstitute.com

  • Surat permohonan/pengajuan Nusantara Writing Grant 2021 (format bebas)
  • Proposal tesis/disertasi
  • Contoh bab tesis/disertasi (kalau sudah ada)
  • Curriculum Vitae.

Deadline pengiriman berkas-berkas aplikasi adalah 28 Februari 2021.

KETERANGAN

Nusantara Writing Grant ini sangat terbatas dan kompetitif. Pelamar yang lolos seleksi tahap awal oleh Nusantara Institute akan dimintai untuk menyediakan “surat rekomendasi” (surat referensi) dari pembimbing tesis/disertasi. Tahap selanjutnya, pelamar yang masuk “short list” akan diundang untuk mempresentasikan proposal tesis/disertasi melalui Zoom di hadapan “tim ahli/panelis” untuk menguji, menilai, dan mengevaluasi kualitas proposal tesis / disertasi sebelum diputuskan layak tidaknya untuk mendapatkan grant tersebut. Karena banyaknya aplikasi, mohon maaf kami hanya akan menghubungi pelamar yang masuk “short list.”