Beranda Publikasi Buku Warisan Islam Nusantara: Tafsir Al Quran Carakan dan Narasi Reformisme

Warisan Islam Nusantara: Tafsir Al Quran Carakan dan Narasi Reformisme

1696
Tafsir Al Quran Carakan

Buku ini (E-Book NAA 2019-Warisan Islam Nusantara) semula merupakan tesis magister di Program Studi Interdisciplinary Islamic Studies, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Karena keunikan dan kualitasnya, tesis ini berhasil meraih Nusantara Academic Award 2019 yang diselenggarakan oleh Nusantara Institute bekerja sama dengan Bank Central Asia.

Buku ini membahas salah satu warisan penting intelektual Islam Nusantara berupa Tafsir Al-Qur’an beraksara Jawa atau “carakan” dan hal-hal yang terkait dengannya, termasuk narasi reformisme. Menariknya, Tafsir Al-Qur’an carakan ini ditulis oleh ulama Muhammadiyah yang selama ini dikenal sebagai ormas Islam modernis, reformis, puritan, dan kontra kebudayaan lokal. Tetapi buku ini menunjukkan fakta sebaliknya. Sejak awal abad ke-20, Muhammadiyah tampil sebagai ormas Islam reformis yang dekat dengan kebudayaan Jawa. Kedekatannya itu diantaranya dibuktikan dengan model dakwah Islam (sebagian) para pendirinya yang menggunakan bahasa dan aksara Jawa. Teks Qur’an Jawen dan Tafsir Qur’an Jawen adalah contoh kecil dari literatur Islam berhuruf Jawa yang ditulis oleh sejumlah tokoh Muhammadiyah melalui perkumpulan Taman Pustaka.

Karya ini mengajak pembaca menjelajah masa lalu dalam kaitannya dengan produksi pengetahuan Islam Nusantara melalui teks-teks Tafsir Al-Qur’an beraksara Jawa di kalangan Muhammadiyah yang tentu saja sangat penting untuk diketahui oleh publik akademik maupun non-akademik serta turut memberi sumbangan berharga bagi dunia keilmuan di Indonesia.