Beranda Publikasi Buku Relasi Agama dan Adat di Indonesia

Relasi Agama dan Adat di Indonesia

1366

Buku bunga rampai ini hadir di hadapan pembaca dan masyarakat, antara lain, karena didorong oleh minimnya literatur akademik yang mendiskusikan dinamika, pluralitas, dan kompleksitas hubungan antara agama, baik “agama global” (world religion) maupun “agama lokal” (indigenous religion/local belief), dan adat di Indonesia. Tulisan-tulisan di buku ini sangat variatif. Topiknya pun beragam. Kajian tidak melulu berdimensi Islam tetapi juga Kristen, Hindu, Buddha, dan penghayat kepercayaan. Pula, berbagai daerah dibahas sebagai studi kasus relasi adat-agama. Misalnya, Jawa, Banten, Kei, Sumatra Utara, Riau, Lombok, dan lainnya.

_____________

Semoga buku ini bermanfaat bagi pembaca dan masyarakat luas–baik komunitas akademik maupun non-akademik–guna menambah wawasan dan pengetahuan mengenai pluralitas dan kompleksitas relasi agama-adat di Indonesia. Pula, semoga kedua entitas ini (agama dan adat) dapat terus berkembang dan hidup berdampingan secara damai di masyarakat tanpa harus dipertentangkan dan dinegasikan, kecuali jika agama atau adat mempromosikan tindakan kejahatan kemanusiaan (Sumanto Al Qurtuby, Pendiri & Direktur Nusantara Institute).

Buku Relasi Agama dan Adat di Indonesia dapat menjadi bacaan wajib untuk dinikmati bersama seduhan teh hangat, di tengah sunyi dan angin ketenangan senja. Karya ini menantang manivestasi egoisme agama dan adat yang kerap saling menyalip, hidup dan tumbuh dalam 280 juta jiwa Indonesia. Bahwa mustahil menyatukan identitas setiap individu, tapi kesamaan sejarah panjang budaya Nusantara memunculkan pertanyaan, adakah yang lebih tinggi dibandingkan saling menghormati dan bertoleransi? Buku ini mengajak kita menjadi manusia Indonesia yang “kaffah,” mulai dari mengenali diri sendiri hingga bersikap dengan aktualisasi agama dan adat yang saling menguatkan (Hera F Haryn, Executive Vice President, Corporate Communication and Social Responsibility Bank Central Asia).

———

*Untuk pemesanan buku edisi cetak, silahkan kontak Whatsapp

Tim Redaksi

Nusantara Institute (NI) adalah lembaga semi-otonom yang didirikan oleh Nusantara Kita Foundation (NKF) yang fokus di bidang studi, kajian, publikasi, scholarship, riset ilmiah, dan pengembangan akademik tentang ke-Nusantara-an.

Artikulli paraprakDialog Budaya dan Penganugerahan Nusantara Academic Writing Award 2023
Artikulli tjetërOrang Sabu dan Tradisi Bernyanyi di Atas Pohon Lontar
Nusantara Institute (NI) adalah lembaga semi-otonom yang didirikan oleh Nusantara Kita Foundation (NKF) yang fokus di bidang studi, kajian, publikasi, scholarship, riset ilmiah, dan pengembangan akademik tentang ke-Nusantara-an.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini