Beranda Info & Event Event Dialog Budaya dan Penganugerahan Nusantara Academic Writing Award 2023

Dialog Budaya dan Penganugerahan Nusantara Academic Writing Award 2023

506

Acara penganugerahan Nusantara Academic Writing Award (NAWA) 2023 dilakukan secara luring pada tanggal 14 Juli 2023 di Gedung Kesenian Jakarta yang dihadari oleh perwakilan dari NI, BCA, pemerintah, dan tamu undangan dari berbagai kalangan masyarakat, lembaga budaya, dan institusi pendidikan. Selain sejumlah pentas seni tari dari Swargaloka, acara penganugerahan award ini juga diiringi dengan seminar nasional yang membahas tentang “musik Nusantara” dengan judul “Musik Tradisional: Menolak Sunyi di Tengah Deru Modernisasi” dengan menampilkan Sumanto Al Qurtuby (Pendiri dan Direktur Nusantara Institute), Viky Sianipar (musisi), dan Edi Irawan (Kemendikbudristek) sebagai narasumber.

Jumlah pelamar untuk NAWA 2023 ada 196, terdiri dari mahasiswa S2 (magister) dan S3 (doktor) dari kampus Indonesia maupun Luar Negeri. Dari jumlah ini, ada 22 nama yang masuk daftar shortlist dan 12 nama yang diwawancarai secara daring (via Zoom) oleh dewan juri (tim panelis). Ada 20 dewan juri yang terdiri atas para akademisi dan ahli dari berbagai lembaga dan perguruan tinggi di Indonesia dan mancanegara yang dilibatkan dalam sesi wawancara dengan kandidat. Setiap kandidat diwawancarai oleh 3-4 dewan juri yang diketuai oleh Direktur Nusantara Institute. Dari 12 nama yang diwawancarai tersebut kemudian dipilih 7 nama pemenang (awardee), yaitu 4 mahasisa doktor dan 3 mahasiswa magister. Para pemenang NAWA 2023 beserta abstrak tesis/disertasi mereka bisa dibaca di tautan berikut ini:https://www.nusantarainstitute.com/nawa-2023/

*Keterangan: NAWA) adalah penghargaan dalam bentuk grant (bantuan finansial) untuk penulisan tesis/disertasi bagi mahasiswa master atau doktor di perguruan tinggi Indonesia. Program ini diadakan setiap tahun melalui kompetisi nasional. Di antara syarat utama NAWA adalah (1) mahasiswa sudah menyelesaikan tahap penelitian, (2) sedang dalam proses menulis/menyelesaikan tesis/disertasi, dan (3) tema tesis/disertasi harus sesuai dengan visi, misi, dan platform Nusantara Institute. Program ini diadakan oleh Nusantara Institute bekerja sama dengan PT Bank Central Asia, Tbk.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini