Beranda Publikasi Buku Cerita Rakyat Bali Aga dan Ainu Jepang

Cerita Rakyat Bali Aga dan Ainu Jepang

534

Buku ini semula merupakan disertasi doktoral penulis di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana, yang berjudul “Kajian Komparatif Wacana Kearifan Lokal Cerita Rakyat Bali Aga dan Ainu Jepang.” Karena kualitasnya, selain relevansinya dengan platform Nusantara Institute, disertasi ini berhasil meraih “Nusantara Academic Award 2021” yang diselenggarakan oleh lembaga kami bekerja sama dengan PT Bank Central Asia, Tbk.

Baik masyarakat Bali Aga maupun suku Ainu Jepang adalah “penduduk asli” (native/indigenous people) di daerah masing-masing yang memiliki kekayaan tradisi lisan yang kuat dan lestari sampai sekarang sehingga menarik untuk dijadikan studi banding. Setidaknya ada tiga topik utama wacana kearifan lokal di kedua masyarakat tersebut yang dibahas di buku ini, yaitu tentang sistem kepercayaan, sistem kehidupan sosial, dan sistem pelestarian alam.

Buku ini penting untuk (1) meningkatkan pemahaman lintas budaya, (2) menambah wawasan tentang bagaimana cara kedua masyarakat tersebut dalam melestarikan kekayaan tradisi dan kearifan lokal di tengah serbuan globalisasi serta (3) menggali potensi tradisi dan kearifan lokal sebagai sumber pengembangan industri kreatif. Sangat layak untuk diapresiasi.

Sumanto Al Qurtuby, PhD, Pendiri & Direktur Nusantara Institute

PT Bank Central Asia, melalui Bakti BCA, menyambut gembira atas publikasi buku yang membandingkan tradisi dan budaya masyarakat Bali Aga dan Ainu Jepang ini. Kami berkomitmen untuk terus mendukung berbagai program dan kegiatan penerbitan karya ilmiah-akademik, yang bertujuan untuk melestarikan tradisi dan kebudayaan lokal di Indonesia. Semoga buku ini bermanfaat bagi masyarakat luas dan bisa menjadi sumber pengetahuan yang baik dalam memahami nilai-nilai kearifan lokal (local wisdom) bangsa mereka.

Inge Setiawati, Executive Vice President, CSR BCA

 

Artikulli paraprakKemandirian Ekonomi Pesantren dalam Teori Kapital
Artikulli tjetërIndonesia dalam Kho Ping Hoo
Nusantara Institute (NI) adalah lembaga semi-otonom yang didirikan oleh Nusantara Kita Foundation (NKF) yang fokus di bidang studi, kajian, publikasi, scholarship, riset ilmiah, dan pengembangan akademik tentang ke-Nusantara-an.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini