Beranda Info & Event Event Call for Book Chapters “Perempuan dan Budaya Nusantara”

Call for Book Chapters “Perempuan dan Budaya Nusantara”

836

Kami, Nusantara Institute, mengundang para sarjana, akademisi, dan ilmuwan sosial untuk ikut berkontribusi menulis artikel tentang “Perempuan dan Budaya Nusantara” yang akan kami terbitkan dalam sebuah buku “bunga rampai”. Buku ini dimaksudkan untuk menggali kiprah dan peranan perempuan dalam melestarikan dan memperjuangkan aneka ragam aspek kebudayaan Nusantara, baik klasik maupun kontemporer, di berbagai bidang kehidupan (pendidikan, perdamaian, keagamaan, kesenian, kesusastraan, dlsb).

Tema tulisan bisa mengenai kontribusi perempuan (dari berbagai latar belakang etnis dan agama) secara umum dalam menciptakan, melestarikan, dan memajukan budaya Nusantara; studi tentang lembaga, organisasi, atau perkumpulan yang bergerak di berbagai bidang kebudayaan dan digerakkan oleh kaum perempuan; biografi sosial tokoh-tokoh perempuan (seniwati, budayawan, atlet, akademisi, tokoh agama, community leader, dlsb) yang berjasa dalam memperjuangkan dan melestarikan kebudayaan Nusantara; dlsb. Penulisan bisa menggunakan berbagai pendekatan dan perspektif.

Ketentuan Penulisan:

  • Panjang tulisan sekitar 6-7 ribu kata (tidak termasuk bibliografi)
  • Tulisan harus orisinal, padat, jelas, informatif, tidak bias, ilmiah, dan tidak pernah dipublikasikan di media manapun serta disertai dengan referensi dan sumber-sumber akademik memadai.
  • Deadline pengiriman abstrak (max 500 kata): 10 April 2022
  • Deadline pengiriman naskah lengkap: 31 Mei 2022

Jika berminat, silakan kirim abstrak dan/atau artikel Anda beserta bio singkat ke: admin@nusantarainstitute.com. Di subject email, tulis: “Abstrak/Paper Perempuan dan Budaya Nusantara”.

KETERANGAN

 *Artikel yang diterima dalam buku akan diberi honorarium.

 Untuk penyeragaman penulisan, mohon diperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Menggunakan footnotes, bukan endnotes;
  • Pengutipan buku/sumber tulisan di dalam teks/artikel (termasuk footnote) cukup penyebutan nama penulis beserta tahun atau halaman buku/artikel saja (kalau kutipan langsung), tidak perlu disertai dengan judul buku / artikel (misalnya, Hefner 2000 atau Hefner 2019, hlm. 2). Penulisan lengkap judul buku/artikel dll di Bibliografi.

 Penulisan bibliografi/daftar pustaka seperti berikut ini:

Hefner, Robert W. 2000. Civil Islam. Princeton, NJ: Princeton University Press.

Hefner, Robert W. 2019. “Civil Islam Revisited.” Modern Asian Studies 1 (2): hlm. 1-20.

Artikulli paraprakPengaruh Shamanisme dalam Pembentukan Budaya Musik Indonesia Baratdaya
Artikulli tjetërDunia Tradisi dalam Karya Seni Nasirun: Peleburan antara Yang Lampau dan Kini
Nusantara Institute (NI) adalah lembaga semi-otonom yang didirikan oleh Nusantara Kita Foundation (NKF) yang fokus di bidang studi, kajian, publikasi, scholarship, riset ilmiah, dan pengembangan akademik tentang ke-Nusantara-an.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini