Beranda Info & Event Info Call for Book Chapters: Musik di Indonesia

Call for Book Chapters: Musik di Indonesia

506

Kami, Nusantara Institute, mengundang para sarjana, akademisi, dan ilmuwan sosial untuk ikut berkontribusi menulis chapter tentang “Musik di Indonesia: Sejarah dan Perkembangan Kontemporer” yang akan kami terbitkan dalam sebuah buku bunga rampai. Buku ini dimaksudkan untuk menggali dinamika sejarah dan perkembangan mutakhir tentang dunia musik di Indonesia. Tulisan bisa berbentuk sejarah maupun berbasis etnografi mengenai praktik musik di Indonesia. Pula, tulisan bisa komparatif atau single study. Topik tulisan bisa bervariasi. Misalnya, musik-musik daerah (folk music), musik dan agama, musik dan ritual, musik dan Sufisme, musik dan politik, musik dan ekonomi, Gen Z dan musik, perkembangan musik asing (Barat, Timteng, India, China, dlsb) di Indonesia, musik digital, dan lain-lain. 

Ketentuan Penulisan & Jadwal Penerbitan:

  • Panjang tulisan sekitar 7,000 kata (tidak termasuk Daftar Pustaka)
  • Tulisan harus orisinal, padat, jelas, informatif, tidak bias, ilmiah, dan tidak pernah dipublikasikan di media manapun serta disertai dengan referensi dan sumber-sumber akademik memadai.
  • Batas akhir pengiriman abstrak (max 300 kata): 29 Februari 2024
  • Batas akhir pengiriman naskah/tulisan lengkap untuk abstrak yang diterima: 21 April 2024 (catatan: untuk menghindari praktik plagiarisme, naskah harus dilampiri laporan “originality check” dari Turnitin atau lainnya).
  • Batas akhir pengumuman naskah yang diterima dengan atau tanpa revisi: 18 Mei 2024
  • Jadwal tentatif publikasi buku: 30 Juni 2024

Jika berminat, silakan kirim abstrak dan/atau artikel Anda beserta bio singkat ke: admin@nusantarainstitute.com. Di subject email, tulis: Abstrak Buku Musik di Indonesia.

KETERANGAN

*Penulis yang naskahnya diterima akan diberi honorarium plus satu eks buku.

*Kami lebih mengutamakan penulis tunggal.

*Untuk penyeragaman penulisan, mohon diperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Menggunakan footnotes, bukan endnotes;
  • Pengutipan buku/sumber tulisan di dalam teks/artikel (termasuk footnote) cukup penyebutan nama penulis beserta tahun atau halaman buku/artikel saja (kalau kutipan langsung), tidak perlu disertai dengan judul buku/artikel (misalnya, Hefner 2000 atau Hefner 2019, 2). Penulisan lengkap judul buku/artikel dll di Daftar Pustaka.

Penulisan bibliografi/daftar pustaka seperti berikut ini:

Hefner, R.W. (2000). Civil Islam. Princeton University Press.

Hefner, R.W. (2019). “Civil Islam Revisited.” Modern Asian Studies 1 (2), 1-20.

Tim Redaksi

Nusantara Institute (NI) adalah lembaga semi-otonom yang didirikan oleh Nusantara Kita Foundation (NKF) yang fokus di bidang studi, kajian, publikasi, scholarship, riset ilmiah, dan pengembangan akademik tentang ke-Nusantara-an.

Artikulli paraprakDarurat Budaya Jawa?
Artikulli tjetërFilsafat Bahasa dan Masalah Sosial
Nusantara Institute (NI) adalah lembaga semi-otonom yang didirikan oleh Nusantara Kita Foundation (NKF) yang fokus di bidang studi, kajian, publikasi, scholarship, riset ilmiah, dan pengembangan akademik tentang ke-Nusantara-an.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini