Beranda Publikasi Buku Agama & Budaya Nusantara Pasca Kristenisasi

Agama & Budaya Nusantara Pasca Kristenisasi

1721
Sumber gambar : Nusantara Institute

Editor : Izak Y. M. Lattu dan  Tedi Kholiludin

Buku bunga rampai yang ditulis oleh para sarjana dan spesialis studi kekristenan ini membahas tentang dampak Kristenisasi – positif maupun negatif – terhadap agama dan budaya lokal di Indonesia. Buku ini merupakan upaya kecil untuk menjawab kegelisahan kami dari Nusantara Institute atas fenomena terpinggirnya budaya dan agama lokal di Indonesia. Sebetulnya terpuruknya agama dan budaya lokal Nusantara itu sudah berlangsung cukup lama tetapi baru terjadi secara masif, intens dan brutal sejak pemerintahan Orde Baru dan semakin menguat saat ini seiring dengan munculnya aneka ragam kelompok reformis, militan dan konservatif agama.

Sebagai sebuah karya akademik, telaah terhadap hubungan antara negara dan agama/budaya menjadi objek yang terus-menerus dikaji. Tulisan-tulisan dalam buku ini merupakan upaya untuk turut mengisi ruang yang tak pernah sepi dari kerja-kerja akademik ini. Apa yang disajikan dalam buku ini setidaknya memberikan kesempatan untuk melihat proses Kristenisasi (dalam kaitannya dengan agama/budaya lokal) dengan pola yang tidak tunggal alias variatif, termasuk instrumen yang digunakannya dan agen yang mengeksekusinya.

Silakan download e-book ini disini

Artikel sebelumyaKarakteristik Tari Bedhaya Bedhah Madiun di Pura Mangkunegaran, Surakarta
Artikel berikutnyaGan Twan Sing, Pencipta Wayang Wacinwa
Nusantara Institute (NI) adalah lembaga semi-otonom yang didirikan oleh Nusantara Kita Foundation (NKF) yang fokus di bidang studi, kajian, publikasi, scholarship, riset ilmiah, dan pengembangan akademik tentang ke-Nusantara-an.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here