Beranda Program

Program

Berikut ini di antara program-program utama Nusantara Institute yang sudah terlaksana dan akan terus dikembangkan di kemudian hari:

Riset Nusantara. Menginisiasi riset-riset akademik-ilmiah yang berkaitan dengan tradisi, budaya, agama, kepercayaan, dan kerajaan Nusantara

Studi Nusantara. Mengembangkan kajian akademik-ilmiah dalam bentuk kuliah umum, workshop, atau seminar tentang tema-tema yang berkaitan dengan asek-aspek tradisi, budaya, agama, kepercayaan, dan kerajaan Nusantara.

Publikasi Nusantara. Menerbitkan karya-karya akademik-ilmiah yang berkualitas yang mengulas tentang aneka ragam tradisi, budaya, agama, kepercayaan, dan kerajaan Nusantara.

Penghargaan Akademis Nusantara. Menganugerahkan “Nusantara Academic Award” untuk disertasi doktor atau tesis magister yang berkualitas serta dipandang memiliki kontribusi signifikan dan positif, baik kontribusi untuk pengembangan teori maupun praktis (misalnya membantu kebijakan publik pemerintah yang berkaitan dengan pengembangan khazanah keilmuan dan intelektual) yang berkaitan dengan tradisi, budaya, agama, kepercayaan, dan kerajaan di Indonesia.

Beasiswa & Grant Penulisan Nusantara. Memberi bantuan finansial untuk penulisan disertasi doktor atau tesis magister (Nusantara Dissertation / Thesis Writing Grant) yang sesuai dengan platform dan visi Nusantara Institute bagi mahasiswa S2/S3 di kampus-kampus di Indonesia yang sudah menyelesaikan tahap penelitian dan fieldwork. Pula, memberikan bantuan beasiswa kepada putra-putri bangsa Indonesia, khususnya dari daerah-daerah terpencil, yang memiliki talenta luar biasa, kecintaan terhadap Nusantara serta minat studi yang membara tetapi terhambat proses studinya karena yang bersangkutan berasal dari keluarga kurang mampu secara finansial / ekonomi.